Pages

Ads 468x60px

9 Jenih Roh Manusia


Apakah benar apabila seseorang telah meninggal dunia rohnya dapat
memasuki jasad orang yang masih hidup (keluarganya) dan berkomunikasi
dengan orang sekitarnya melalui jasad orang yang masih hidup. Bagaimana
pandangan islam mengenai hakekat keberadaan roh setelah meninggal dunia?

Allah swt berfirman : " Allah memegang jiwa(orang) ketika matinya dan
(memegang) jiwa (orang) yang belum mati di waktu tidurnya ; maka dia
tahanlah jiwa (orang) yang telah dia tetapkan kematiannya dan dia
melepaskan jiwa yang lain sampai waktu yang di tetapkan. sesungguhnya
pada yang demikian itu terdapat tanda - tanda kekuasaan allah bagi kaum
yang berfikir . " (Qs. Azzumar : 42).

Ibnu Qoyyim menyebutkan riwayat dari ibnu abbas tentang ayat ini,  dia.
" Telah sampai kepadaku bahwa roh orang - orang yang masih  hidup dan
roh orang -orang yang sudah mati bisa bertemu di dalam mimpi . mereka
saling bertanya  lalu allah swt  menahan roh orang - orang yang sudah
mati dan melepaskan roh orang - orang yang masih hidup menemui jasadnya. "

Ibnu Abi Hatim di dalam tafsirnya menyebutkan riwayat dari as Suddiy
tentang makna firman allah swt dan  jiwa yang belum mati di waktu
tidurnya lalu
roh orang yang masih hidup bertemu dengan roh orang yang sudah mati dan
mereka saling berbincang, berkenalan. dia mengatakan, " lalu roh orang
yang masih hidup di kembalikan kepada jasadnya di dunia hingga sisa
waktu yang telah di tentukan sementara itu roh orang yang sudah mati
menginginkan kembali ke jasadnya namun dia tertahan. "

bukti pertemuan antara roh orang - orang yang masih hidup dangan roh
orang - orang yang sudah mati adalah bahwa orang masih hidup dapat
melihat orang yang sudahmati didalam tidurnya.  orang yang masih hidup
itu meminta informasi darinya lalu orang yang sudah mati itu
memberitahukan kepadanya tentang apa yang tidak di ketahui oleh orang -
orang yang masih hidup sehingga menjadi sebuah informasi seperti tentang
sebuah masa lalu dan yang akan datang. terkadang dia memberitahukan
kepadanya tentang harta yang di kuburnya di suatu tempat mati yang tidak
diketahui kecuali oleh dirinya atau barangkali dia memberitahu kepadanya
tentang utangnya dan menyebutkan bukti - buktinya.

Yang lebih jelas lagi misalnya sebuah pemberitahuan tentang amal yang
telah di kerjakan yang tidak lihat oleh seorangpun di alam atau
pemberitahuan bahwa anda akan mendatangi kami pada waktu ini dan itu dan
akan terjadi seperti apa yang di beritahukannya atau permberitahuan
tentang perkara - perkara yang tidak diketahui kecuali dirinya (Orang
yang sudah meninggal). Said bin salam telah bertemu dengan Salman al
farisiy. salah seorang dari mereka berdua  mengatakan kepada yang
lainnya. " jika kamu meninggal sebelumku maka temuilah aku dan
beritahukan kepadaku tentang apa yang kamu dapati dari tuhanmu
(tentangnya). sementara itu yang lainnya mengatakan, " apakah orang -
orang yang  sudah mati dapat bertemu dengan orang - orang yang masih
hidup? " dia berkata, " ya, Roh - roh mereka di surga bepergian
sekehendaknya."

Al abbas bin abdul muthalib mengatakan, " Aku sangat ingin  bermimpi
bertemu umar didalam tidurku dan aku tidak pernah di mimpikannya hingga
mendekati waktu setahun aku melihatnya mengusap keringat dari dahinya
dan mengatakan," ini adalah masa senggangku, hampir - hampir senggangku
roboh jika tidak bertemu yang maha pengasih dan penyayang."

Abdul bin umar bin abdul aziz mengatakan, " aku telah melihat ayahku di
dalam tidur setelah kematiannya seakan - akan dia berada di sebuah taman
dan memberikan apel - apel kepadaku maka akupun mengambil salah satunya
! aku bertanya, " Amal apakah yang engkau dapati paling  utama? " Ayahku
menjawab, "*istighfar* "( Ar Ruh hal 20 - 22 ).

Adapun apa yang anda tanyakan tentang roh dari orang - orang yang sudah
mati memasuki jasad dari orang - orang yang masih hidup lalu melakukan
kegiatan sebagaimana layaknya orang yang masih hidup seperti berbincang
- bincang, bercerita dan sebagainya maka hal ini tidak ada kaitannya
dengan roh orang yang sudah mati itu. akan tetapi itu semua adalah tipu
daya yang di lakukan oleh jin yang memasuki jasad orang yang masih hidup
tersebut. jin itu memasuki tubuh seseorang dan berpura - pura  seolah -
olah dirinya adalah ayah dari yang pemilik tubuh yang si rasuki, ibunya,
seseorang ulama atau seorang shaleh yang sudah meninggal dan berbicara
untuk menyesatkan manusia. wallahu A'lam


*Berikut jumlah Roh dalam manusia :*
Menurut ilmu batin pada diri manusia terdapat *sembilan* jenis Roh. dan
masing - masing mempunyai fungsi sendiri - sendiri,yaitu :

1. *Roh Idofi (Roh Idlofi)*
    Adalah Roh yang sangat utama bagi manusia. Roh idofi juda tersebut "
Johar awal Suci ". karena Roh inilah maka manusia dapat hidup. Bila roh
tersebut  keluar dari raga, maka manusia akan mati. Roh ini sering di
sebut " nyawa " . Roh idofi merupakan sumber dari roh - roh lainya.
kalau saja  roh idofi ini keluar dari raga manusia, pasti roh - roh
lainnya pun akan turut serta. tetapi sebaliknya kalau salah satu roh
dari roh yang delapan buah ini keluar, maka roh idofi akan tetap
tinggal. dan manusia itu masih tetap hidup. bagi mereka yang sudah
sampai pada iradat tuhan atau kebatinan tinggi. tentu akan menjumpai roh
itu dengan penglihatannya. dan wujudnya mirip sendiri, baik rupa, suara
maupun segala sesuatunya. bagaikan berdiri dicermin saja. tetapi kita
dapat membedakan dengan roh yang satu ini. alamnya roh idofi berupa
cahaya (nur) terang benderang rasanya sejuk tentram (bukan dingin).
tentu saja kita bisa menjumpai bila sudah mencapai tingkat " Insan Kamil ".

2. *Roh Rabbani *
Adalah Roh inipun juga dikusai dan di perintah Roh idofi. Alamnya Roh
ini ada di dalam cahaya(Nur) kuning diam tak bergerak.

3. *Roh Rohani*
Adalah Roh inipun juga di kuasai dan diperintah Roh idofi. karena roh
ini maka manusia mempunyai/memiliki dua rupa/kehendak. kadang - kadang
suka sesuatu. tetapi di lain waktu ia tidak menyukainya. Roh ini
mempengaruhi perbuatan baik dan buruk. Roh inilah yang menempati 4 jenis
nafsu, yaitu :
a) Nafsu Lumayan(Aluamah)
b) Nafsu Amarah
c) Nafsu Supiyah.
d) Nafsu Mulamah (Mutmainah)
Roh ini sifatnya selalu mengikuti penglihatan yang melihat. dimana
pandangan kita ditempatkan, disitu roh berada.

4. *Roh Nurani*
Adalah Roh mempunyai sifat terang. karena adanya roh ini menjadikan
manusia yang bersangkutan jadi terang hatinya. kalau roh ini
meninggalkan tubuh maka orang tersebut hatinya menjadi gelap dan gelap
pikirannya.

5. *Roh Kudus(Roh Suci)*
Adalah Roh mempengaruhi seseorang orang yang bersangkutan mau member
pertolongan sesama manusia atau tidak. mempengaruhi berbuat kebajikan
dan mempengaruhi berbuat ibadah sesuai kepercayaan yang dianutnya.

6. *Roh Rahmani*
Adalah Roh ini di bawah Pengaruh Roh Idofi Pula. Rph ini di sebut juga
*Roh Pemurah*. karena di ambil dari kata " *Rahman* " yang artinya
Pemurah. Roh ini mempengaruhi manusia besifat sosial, suka member .

7. *Roh Jasmani*
Adalah Roh yang menguasai seluruh darah dan urat saraf manusia karena
adanya roh jasmani maka manusia dapat merasakan sakit, lesu, segar dan
lain sebainya. Bila roh ini keluar dari tubuh maka ditusuk jarumpun
tubuh tidak terasas sakit. wujudnya sama dengan kita, hanya saja bewarna
merah.

8. *Roh nabati*
Adalah Roh yang mengendalikan Perkembangan dan pertumbuhan badan.

9. *Roh Hewani*
Adalah Roh yang menjaga raga kita. bila roh hewani keluar dari tubuh
maka orang yang bersangkutan akan tidur . bila ketika kita sedang
bermimpi maka roh hewani itulah yang akan menjumpainya. jadi mimpi itu
hasil kerja otak hewani yang mengendalikan otak manusia. ini dibawah
pengaruh Roh idofi. Jadi Kepergian Roh Hewani dan kehadirannya diatur
oleh Roh idofi.

0 komentar:

Posting Komentar

 
Blogger Templates